0

Ku mengharapkan Ramadhan
Kali ini penuh makna
Agar dapat kulalui
Dengan sempurna

Selangkah demi selangkah
Setahun sudah pun berlalu
Masa yang pantas berlalu
Hingga tak terasa ku berada
Di bulan Ramadhan semula

Puasa satu amalan
Sebagaimana yang diperintahNya
Moga dapat ku lenturkan
Nafsu yang selalu membelenggu diri
Tiada henti-henti

Tak ingin ku biarkan Ramadhan berlalu saja
Tuhan pimpinlah daku yang lemah
Mengharungi segalanya dengan sabar
Kita memohon pada Tuhan diberikan kekuatan
Ku merayu pada Tuhan diterima amalan

Selangkah demi selangkah...
Dengan rahmatMu oh Tuhanku...
Ku tempuh jua

by Raihan dan Man Bai

Dikirim pada 30 Agustus 2009 di Liriks

Bismillahiramanirahiim,


Hari ini, hari ke dua Bulan Ramadhan 1430H, Suasana Jakarta di Pagi Hari tadi lengang seperti kemarin, mungkin bertepan dengan kondisi perkantoran yang libur hari Sabtu dan Minggu.


Hari ini, subuh tadi Masjid-masjid penuh dengan jamaah umat islam yang semangat-semangatnya beribadah, semangat berlomba dalam kabaikan, sungguh senangnya jika kondisi ini bisa terus berlanjut sampai ramadhan habis, bahkan mungkin bisa sepanjang tahun. Namun Dari pengalaman bulan ramadhan sebelumnya kondisi seperti ini hanya bertahan sampai pertengahan ramadhan.


Ya Allah, beri kemudahan dan kelapangan hati kami, hati saudara-saudara kami untuk selalu menyegerakan beribadah kepadaMu, berikanlah keringanan langkah kami langkag saudara-saudara kami untuk menuju masjidMu tiap subuh, dhuhur, asar maghrib dan isya’, berilah kami kekuatan pada kami dan saudara-saudara kami untuk terus berlomba-lomba dalam kebaikan.





Wassalam,





Dikirim pada 23 Agustus 2009 di Catatan

Bismillahirahmanirrahiim,


Kurma adalah buah yang bisa tumbuh di wilayah arab atau padang pasir, kurma merupakan salah satu buah yang disebut dalam kitab suci Al-Quran


"Dan di bumi ini terdapat bagian-bagian yang berdampingan dan kebun-kebun anggur, tanaman-tanaman dan pohon kurma yang bercabang dan yang tidak bercabang, disirami dengan air yang sama. Kami melebihkan sebagian tanaman-tanaman itu atas sebagian yang lain tentang rasanya. Sesungguhnya, pada yang demikian itu terdapat tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang berpikir." (ar-Ra�d [13]: 4)

Kurma mempunya banyak manfaat diantaranya bahwa Allah mengindentifikasikan khasiat penyembuhan dari buah ini dengan menceritakan pada Maryam, yang sedang menghadapi persalinan, supaya makan daging buah kurma,

"Maka Jibril menyerunya dari tempat yang rendah: �Janganlah kamu bersedih hati, sesungguhnya Tuhanmu telah menjadikan anak sungai di bawahmu. Dan goyanglah pangkal pohon kurma itu ke arahmu, niscaya pohon itu akan menggugurkan buah kurma yang masak kepadamu, maka makan, minum, dan bersenang hatilah...." (Maryam [19]: 24-26)

Allah mempunyai maksud tertentu dengan menyeru kita untuk memperhatikan kurma. Dengan meneliti isi kandungan buah ini akan membuat kita lebih paham tentang maksud Ilahi itu. Kurma, dengan kandungan 50% gula, sungguh sangat bergizi karena daging buahnya terdiri atas fruktosa dan glukosa yang keduanya berkalori tinggi, dan mudah serta cepat dicerna.30

Dikirim pada 08 Agustus 2009 di Pengetahuan

Bismillahirramanirrahiim...





Hasan Al Banna merumuskan 10 karakteristik muslim yang dibentuk didalam madrasah tarbawi. Karakteristik ini seharusnya yang menjadi ciri khas dalam diri seseorang yang mengaku sebagai muslim, yang dapat menjadi furqon (pembeda) yang merupakan sifat-sifat khususnya (muwashofat).
Karakter ini menurut Beliau Hasan Al Banna, merupakan pilar pertama terbentuknya masyarakat islam maupun tertegaknya sistem islam dimuka bumi serta menjadi soko guru peradaban dunia (Ustadziyatul `alam). Kesepuluh karakter itu adalah :



Salimul Aqidah, Bersih Akidahnya dari sesuatu hal yang mendekatkan dan menjerumuskan dirinya dari lubang syirik.
Shahihul Ibadah, Benar Ibadahnya menurut AlQur`an dan Assunnah serta terjauh dari segala Bid`ah yang dapat menyesatkannya.
Matinul Khuluq, Mulia Akhlaknya sehingga dapat menunjukkan sebuah kepribadian yang menawan dan dapat meyakinkan kepada semua orang bahwa Islam adalah rahmat bagi seluruh alam (Rahmatan Lil Alamin).
Qowiyul Jismi, Kuat Fisiknya sehingga dapat mengatur segala kepentingan bagi jasmaninya yang merupakan amanah/titipan dari Alloh SWT.
Mutsaqoful Fikri, Luas wawasan berfikirnya sehingga dia mampu menangkap berbagai informasi serta perkembangan yang terjadi disekitarnya.

Dikirim pada 06 Agustus 2009 di Renungan
Awal « 1 2 » Akhir


connect with ABATASA